Repository Ubuntu

Konfigurasi Repository
Repository merupakan tempat penyimpanan ratusan aplikasi atau program yang telah diatur sedemikian rupa dan tersedia untuk dapat diakses melalui internet. Namun,repository tidak hanya dapat diakses melalui internet saja tetapi kita juga dapat menggunakan alternatif repository lewat distribusi pada media lain seperti DVD yang tentunya sangat membantu sekali buat kita yang tidak memliki koneksi internet yang cepat. 
Repository Ubuntu terdiri atas 4 komponen, yaitu :
main (kumpulan aplikasi/software yang secara penuh didukung oleh tim Ubuntu), 
restricted (kumpulan aplikasi/software yang didukung oleh tim Ubuntu tetapi tidak tersedia dibawah lisensi bebas secara penuh), 
universe (kumpulan 33 aplikasi/software yang dikelola oleh komunitas Ubuntu), dan 
multiverse (kumpulanaplikasi/software yang “not free”). 

CD untuk Instalasi Ubuntu yang sering digunakan biasanya berisi aplikasi-aplikasi/software yang merupakan bagian dari komponen main dan restricted.


Repository Dari Internet
Banyak server Internet yang menyediakan repository ubuntu, antara lain yang berada di Indonesia adalah kambing.ui.ac.idn  yang beralamat server di Pusat Ilmu Komputer UI Depok. Jika computer kita berada di Indonesia maka pilihan yang tepat adalah memilih repository ubuntu yang berada di Indonesia,dengan alas an jarak yang lebih dekat sehingga akan semakin mempercepat proses download (unduh), lokasi beberapa repository local yang tersedia di berbagai mirror server Indonesia, yang meliputi :
1) mirror.cbn.net.id
2) kambing.ui.ac.id
3) foss-id.web.id
5) indika.net.id
6) kebo.vlsm.org
7) buaya.klas.or.id
8) repo.ugm.ac.id
9) mirror.its.ac.id
10) komo.vlsm.org

     11) dll

Komentar

Postingan Populer