Apa Itu Classless Routing Protocol ?

Sebelumnya kita sudah membahas mengenai Classful Routing Protocol. Kali ini kita akan membahas lagi salah satu jenis dari Dynamic Routing.

Pengertian
Classless routing protocols yaitu suatu metodologi pengalokasian IP Address dalam notasi Classless Inter Domain Routing(CIDR). Istilah lain yang digunakan untuk menyebut bagian IP address yang menunjuk suatu jaringan secara lebih spesifik. Biasanya dalam menuliskan CIDR suatu kelas IP Address digunakan tanda garis miring (Slash)“/”, diikuti dengan angka yang menunjukan panjang CIDR ini dalam bit. Contoh: 192.168.1.0/24. 

Classless routing protocols ‘memanjangkan’ standardskema IP Adress Class A, B, 
atau C dengan menggunakan subnet mask atau mask length sebagai indikasi bahwa 
router harus menejemahkan IP network ID. Classless  routing protocols memasukan  subnet mask bersama dengan IP address ketika mencari informasi routing. 

Classless routing protocol adalah pendukung protokol Classless Inter-Domain Routing (CIDR), sebuah skema yang lebih baru dari IPv4 dengan menggunakan sebuah subnet mask atau mask panjang untuk menunjukkan bagaimana  router harus mengidentifikasi ID jaringan IP Subnet mask mewakili ID jaringan tidak terbatas pada mereka yang didefinisikan oleh kelas-kelas alamat, tetapi dapat berisi variabel jumlah bit orde tinggi. Subnet mask seperti fleksibilitas  memungkinkan Anda untuk mengelompokkan beberapa jaringan sebagai satu entridi tabel routing, routing secara signifikan mengurangi biaya overhead. 

Metode classless addressing (pengalamatan tanpa kelas) saat ini mulai banyak diterapkan, yakni dengan pengalokasian IP Address dalam notasi Classless Inter Domain Routing(CIDR). Istilah lain yang digunakan untuk menyebut bagian IP address yang menunjuk suatu jaringan secara lebih spesifik,disebut juga denganNetwork Prefix. Biasanya dalam menuliskan network prefix suatu kelas IP Address digunakan tanda garis miring (Slash)“/”, diikuti dengan angkayang menunjukan panjang network prefix ini di dalam bit, contoh: 192.168.0.0/24

Kelebihan: 


Mendukung VLSM

Komentar

Postingan Populer