Mengenal Topologi Jaringan Star (Bintang)

Topologi Star atau ‘Bintang’
Disebut Topologi Star karena secara fisik tampilan jaringan ini menyerupai Bintang. Pada umumnya memiliki 1 server pada pusat dan beberapa client akan terhubung ke server tersebut. Sehingga jika dilihat secara fisik, model jaringannya akan menyerupai bintang.


Gambar Topologi Jaringan Star



Topologi ini didesain di mana setiap node (file server, workstation dan perangkat lainnya) terkoneksi ke jaringan melewati sebuah hub atau konsentaror. Data yang terkirim ke jaringan akan melewati hub/konsentrator sebelum melanjutkan ke tempat tujuannya. Hub ataupun konsentrator akan mengatur dan mengendalikan keseluruhan fungsi jaringan. dia juga bertindak sebagai repeater/penguat aliran data. Konfigurasi pada jaringan model ini menggunakan kabel twisted pair, dan dapet digunakan bersama kabel koaksial atau kabel fiber optic.

Topologi Star ini biasa kita jumpai disetiap lantai atau ruangan besar pada suatu gedung. Misalnya pada gedung 1 kampus D Universitas Gunadarma memiliki 1 server (router), yang mana jaringan itu akan di bagi melalui switch dan setiap portnya akan dihubungkan ke perangkat-perangkat client seperti PC atau Laptop. Karena modelnya yang bercabang ini sehingga membentuk seperti bintang.

Keuntungan topologi jaringan model bintang : 
•  Mudah di pasang dan mudah dalam pengkabelan.
•  Tidak mengakibatkan gangguan pada jaringan ketika akan memasang atau memindahkan perangkat jaringan lainnya.
•  Mudah untuk mendeteksi kesalahan dan memindahkan perangkat-perangkat lainnya.

Kekurangan topologi jaringan model bintang :
•  Membutuhkan lebih banyak kabel daripada topologi jaringan bus.
•  Membutuhkan hub atau konsentrator, dan bilamana hub atau konsentrator tersebut jatuh atau rusak node-node yang terkoneksi tidak terdeteksi.
•  Lebih mahal daripada topologi jaringan Bus (linear), karena biaya untuk pengadaan hub dan konsentrator
Protokol-protokol yang menggunakan konfigurasi bintang ini umumnya adalah Ethernet atau LocalTalk. Token Ring menggunakan topologi yang sama dengannya yang di sebut bintang dalam lingkaran (star-wired ring).

Analisis Saya :
Topologi Jaringan Star ini sangat eksis di dalam dunia jaringan. Karena mudah dalam pemasangannya dan juga mudah untuk pengkabelannya. selain itu juga mudah untuk mengetahui atau mendeteksi apabila ada kesalahan. Akan tetapi topologi jaringan star ini membutuhkan banyak kabel dibandingkan dengan topologi jaringan bus. membutuhkan hub atau switch juga untuk membagi jaringannya.



Komentar

Posting Komentar

Postingan Populer