TANGGUNG JAWAB SOSIAL PERUSAHAAN TERHADAP MASYARAKAT

     Di zaman modern ini banyak sekali perusahaan-perusahaan yang bersaing ketat untuk mendapatkan keuntungan yang banyak. Berbagai macam cara dilakukan dari berbagai hal seperti melakukan promosi besar-besaran, merekrut orang-orang cerdas dan berpengalaman, meningkatkan mutu teknologi informasi dan komunikasi perusahaan, dan berbagai macam strategi lainnya. Hal ini tentu dilakukan dengan tujuan supaya mendapatkan keuntungan, kesejahteraan, kekuasaan lebih serta dipandang tinggi oleh perusahaan lainnya. Tapi taukah kalian, setiap strategi yang dilakukan perusahaan itu pastinya memiliki dampak positif dan dampak negatifnya. Dari segi dampak positif ya tentu saja adalah menguntungkan perusahaan tersebut dan lingkungan sekitar. Tapi, dari segi dampak negatifnya bisa merugikan perusahaan itu sendiri bahkan merugikan lingkungan masyrakat sekitar. Jika kita membahas tentang kerugian terhadap lingkungan masyarakat sekitar yang dilakukan oleh sebuah perusahaan. tentunya perusahaan tersebut bertanggung jawab akan kerugian tersebut. Dari berbagai macam tanggung jawab seperti tanggung jawab materi, tanggung jawab moral maupun tanggung jawab sosial. Nah, disini kita akan membahas tentang tanggung jawab sosial perusahaan terhadap masyarakat.

     Seperti kita ketahui, beberapa perusahaan ada yang ketergantungan terhadap lingkungan masyarakat sekitar. Dari ketergantungan tersebut pasti memiliki dampak positif dan dampak negatifnya. Dari sisi dampak positif misalnya seperti saling menguntungkan antara perusahaan dengan masyarakat sekitar perusahaan tersebut. Dan dari sisi dampak negatif sosialnya adalah misalnya, kurangnya perhatian perusahaan terhadap kerusakan sosial, kurangnya sosialisasi antara warga perusahaan dengan masyarakat sekitar, dan lain sebagainya. Untuk itu, perlu adanya rasa sosial yang tinggi antara perusahaan dengan masyarakat sekitarnya.

Berikut ini adalah beberapa tanggung jawab sosial perusahaan terhadap masyarakat sekitar :
  1. Membantu kekurangan masyarakat disekitar perusahaan tersebut dalam suatu kekurangan, misalnya pendidikan, dengan cara melakukan pemberian sumbangan pendidikan kepada warga masyarakat di sekitar perusahaan yang kurang mampu.
  2. Melakukan penyuluhan kesehatan, misalnya dengan membantu warga sekitar yang memiliki penyakit dengan biaya perawatan mahal.
  3. Selalu melakukan interaksi sosial di waktu senggang sehingga terjadi keharmonisan antara perusahaan denga masyarakat sekitar.
  4. Jika ada kegiatan gotong royong di lingkungan masyarakat tersebut alangkah baiknya, perusahaan turut membantu dalam melancarkan kegiatan goyong tersebut, bantuannya bisa berupa fisik, materi maupun moral.
  5. Misalkan lingkungan masyarakat tersebut terkena bencana, alangkah baiknya perusahaan memberikan bantuan kepada masyarakat tersebut, untuk meringankan beban masyarakat tersebut.
Nah, tadi itu adalah beberapa tanggung jawab sosial perusahaan terhadap masyarakat menurut pendapat saya. Mungkin banyak cara setiap perusahaan dalam menjaga tingkat sosial mereka terhadap lingkungan masyarakat mereka. Dan memang seharusnya setiap perusahaan itu menjaga tanggung jawab sosial mereka terhadap masyarakat.

Komentar

Postingan Populer