Penjelasan tentang Aplikasi GOM Player



PENDAHULUAN

GOM Player (Gretech Online Movie Player) adalah perangkat lunak (software) yang dapat melihat atau mendengarkan berkas (file) video dan suara yang dapa diberikan efek khusus. GOM Player memiliki fitur yang dapat memberikan efek equalizer pada suara yang akan dihasilkan, efek equalizer pada suara yang disediakan perangkat lunak ini antara lain Rock, Reggae, Party, Classical, Club, Dance, Full, Bass, dan sebagainya.
Sebagai sebuah media player, GOM Player telah menyediakan codec yang cukup untuk menjalankan file video atau audio sehingga Anda tidak perlu repot-repot mencari codec satu persatu secara manual. Tersedia playlist untuk tempat manajemen file yang dimainkan. Playlist yang telah dibuat juga bisa Anda simpan agar suatu saat bisa dipergunakan kembali.
GOM Player menyediakan fitur skin yang dapat diubah dalam bentuk basic atau default. Fitur yang tidak kalah canggihnya yaitu adanya fasilitas Pan & Scan, Screen Capture, Advance Capture. GOM Player dapat memutar banyak sekali jenis berkas termasuk AVI, MPEG, DivX, DAT, VOB, MP4, 3GP, RMVB, FLV, dan MOV. Program ini juga dapat melakukan streaming dan dilengkapi berbagai fitur yang menarik. Semua format berkas video dapat dijalankan lewat GOM Player ini. Untuk menggunakan aplikasi ini, lakukan penginstalan DirectX yang baru dan Windows Media Player.
GOM Player dapat berjalan di sistem operasi Windows ME, Windows 2000, Windows XP atau Windows Vista.

TEORI

Pada dasarnya Interaksi manusia dan komputer (atau dalam bahasa inggrisnya : Human-Computer Interaction, HCI) adalah disiplin ilmu yang mempelajari hubungan antara manusia dan komputer yang meliputi perancangan, evaluasi, dan implementasi antarmuka pengguna komputer agar mudah digunakan oleh manusia. Ilmu ini berusaha menemukan cara yang paling efektif dan efisien untuk merancang pesan elektronik atau aktifitas elektronik lainnya.
Sedangkan interaksi manusia dan komputer sendiri adalah serangkaian proses, dialog dan kegiatan yang dilakukan oleh manusia untuk berinteraksi dengan komputer yang keduanya saling memberikan masukan dan umpan balik melalui sebuah antarmuka untuk memperoleh hasil akhir yang diharapkan.
Sistem harus sesuai dengan kebutuhan manusia dan dirancang berorientasi kepada manusia sebagai pemakai. 

ANALASIS

GOM Player adalah aplikasi software yang pada umumnya berguna untuk melihat video, mendengarkan track lagu, bisa digunakan secara online mode maupun offline mode. Aplikasi yang di kembangkan oleh Gretech Corporation ini perdana di release pada tanggal 7 Januari 2003. Dengan berbagai macam fitur diantaranya fitur pencahayaan untuk video, bisa terang maupun gelap. Berbagai mode equalizer, seperti bass, full bass, dan lain-lain. GOM Player juga terdapat berbagai ketersediaan bahasa atau biasa kita sebut dengan Subtitle, seperti Inggris, Rusia, Tionghoa, bahkan Indonesia (Dikondisikan) dan lain-lain.
Berbagai ekstensi file dapat dimainkan di GOM Player, dan yang paling sering digunakan adalah ekstensi MP4, MKV, 3GP. GOM Player ini juga bisa di update melalui online mode dan banyak sekali fitur-fitur tambahan dalam online mode.
Berikut ini adalah tampilan interface dari GOM Player :
 

 

 

REFERENSI


 
 

Komentar

Postingan Populer