MUSEUM PERUMUSAN NASKAH PROKLAMASI

     Hai semuaaa, kali ini kita bahas yang gak terlalu kaku ya, kali ini kita bahas tentang kunjungan saya ke beberapa Museum. Tapi sekarang kita bahas ke Museum yang pertama saya kunjungi yaitu Museum Naskah Proklamasi. Sebelumnya ada yang tau Museum ini ? Ya, Museum ini terletak di Jalan Imam Bonjol No.1 Jakarta Pusat. Dari namanya saja sudah bisa kita tebak isi Museumnya apa. Didalamnya terdapat patung-patung tiruan Soekarno, Bung Hatta dan yang lainnya pada saat perumusan naskah Proklamasi, pengetikan, pengesahan sampai pada saat memplokamirkannya. Nah berikut ini beberapa foto didalam Museum Perumusan Naskah Proklamasi dan beberapa foto saya juga hehehe..

Nah ini foto saya saat berada di depan Museum Perumusan Naskah Proklamasi, dan berikut ini foto-foto didalam Museumnya :

Nah ini adalah foto dari replika meja pertemuan antara Bung Karno, Bung Hatta dan Ahmad Subardjo dengan Laksamana Muda Tadashi Maeda


Ini adalah replika dari meja dimana perumusan Naskah Proklamasi dilakukan


Ini adalah disaat pengetikkan dan penandatanganan Naskah Proklamasi, pengetikan dilakukan oleh Sayuti Melik dan ditemani oleh B.M. Diah.


Inilah bentuk dari Teks Proklamasi setelah diketik dan ditandatangi oleh Bung Karno

Berikut ini adalah replika dari meja pertemuan pada saat Pengesahan Naskah Proklamasi, dan juga foto dari para tokoh yang hadir pada saat Pengesahan Naskah Proklamasi.



     Nah, itu tadi adalah beberapa isi dari Lantai 1 di Museum Perumusan Naskah Proklamasi. Dan kita lanjutkan ke lantai 2, tetapi karena di dilantai 2 terlalu banyak foto jadi saya hanya akan menjelaskannya dengan beberapa foto dan penjelasan singkat berdasarkan yang saya lihat. 
Dilantai 2, terdapat banyak foto yang menjelaskan perjuangan Bangsa Indonesia pada zaman dahulu. Ada 2 cara Bangsa Indonesia melakukan perjuangan dalam mempertahankan kedaulatan bangsa. Yang pertama dengan cari fisik atau peperangan. Yang kedua dengan cara melakukan perundingan, seperti misalnya pertemuan atau melakukan perjanjian. Foto-foto barang koleksi dari beberapa tokoh terkenal seperti misalnya koleksi barang dari Anang Abdul Hamidhan, dan lain-lain. Ada juga foto patung para tokoh terkenal dan foto-foto tokoh terkenal seperti foto dari Laksamana Muda Tadashi Maeda. Dan berikut ini beberapa hasil jepret saya saat berada di lantai 2 Museum Perumusan Naskah Proklamasi :





Nah itu tadi adalah beberapa foto-foto di lantai 2 Museum Perumusan Naskah Proklamasi. Sudah seharusnya kita sebagai warga Indonesia sering berkunjung ke Museum-museum yang berisikin sejarah Negara Indonesia ini, untuk mengenang jasa para pahlawan. Dengan cara menghargai jasa mereka, itu sudah menjadi bagian dari perjuangan dalam menjaga kedaulatan bangsa kita. Dan ini dia penampakan terakhir dari gedung Museum Perumusan Naskah Proklamasi



Cukup sampai disini dulu ya pembahasan kita tentang Museum, akan saya bahas lagi di post baru selanjutnya, terima kasih sudah membaca :)

Sekian~

Komentar

Postingan Populer