PERUBAHAN DI TAHUN BARU 2014

     Di awal Tahun 2014, menjadi awal bagi kita semua untuk membuka lembaran baru. Dari yang mana kita telah melewati masa-masa di 2013, penuh suka, duka, canda, tawa, bahagia, masalah, dan berbagai macam hal yang kita rasakan. Tentunya semua menginginkan perubahan yang lebih baik lagi di tahun 2014 ini. Jika kita meneropong kembali di tahun 2013 kemarin, tentunya banyak sekali kebaikan dan keburukan yang kita lakukan masing-masing. Di tahun baru tentu kita harus membuka lembaran baru untuk melakukan perubahan dan juga melakukan renungan. Renungan yang dilakukan adalah merenungkan apa saja yang telah kita lakukan di 2013 yang lalu. Apakah kita membuat kebaikan atau bahkan keburukan. Semua perlu kita renungkan untuk dijadikan sebagai cerminan diri kita. Cerminan diri kita dari yang tahun lalu sangat berguna untuk perubahan diri kita di 2014. Supaya bisa lebih baik lagi dan bisa lebih bermutu lagi.

     Adat dari dahulu kala sudah bukan menjadi hal yang tabu lagi. Kembang api, sorak sorai, canda tawa, bakar ayam atau ikan, berkumpul bersama keluarga, ataupun bersama teman-teman, pergi berekreasi dan berbagai macam hal yang menyenangkan dilakukan untuk melalui tahun baru. Tapi disatu sisi, banyak orang yang menggunakan ajang tahun baru ini sebagai media bisnis. Yaitu, menjual terompet, petasan & kembang api, pakaian tahun baru, ada juga yang membuka pasar malam dan lain sebagainya. Memanfaatkan tahun baru sebagai media bisnis. Ini semua hal positif yang biasa dilakukan, semua itu adalah hal positif selama tidak merugikan orang lain.

     Akan tetapi, ada juga yang menggunakan tahun baru ini sebagai ajang melakukan keburukan. Seperti misalnya minum minuman keras, mengkonsumsi narkoba, balapan liar, melakukan kegaduhan dan kerusuhan, bahkan ada yang sampai melakukan seks bebas. Apakah ini hal-hal yang wajar untuk dilakukan ? Itu semua adalah hal yang tidak seharusnya kita lakukan, mengingat tahun baru adalah dimana saat kita harus melakukan perubahan menjadi lebih baik, bukannya malah menjadi makin buruk. Hal-hal itu sudah sangat sulit untuk dihilangkan bagi kita kalangan manusia, yang sudah melekat dari zaman dahulu. Dan untuk melakukan semua perubahan itu, tentunya itu semua tergantung pada diri kita sendiri. Diri kita lah yang harusnya menyadari akan pentingnya perubahan yang lebih baik. Marilah sama-sama kita saling mengingatkan satu sama lain akan pentingnya perubahan diri. Dan di awal tahun 2014 inilah saat yang tepat untuk kita menjadi lebih baik, merenungi apa saja yang telah kita lakukan di tahun 2013 dan bersama kita bisa melakukan perubahan yang baik, untuk diri kita sendiri, keluarga kita, orang-orang sekitar kita, teman-teman kita, bahkan untuk Nusa, Bangsa dan Agama.

Sekian dan Terima Kasih ~

Komentar

Postingan Populer