Topologi Jaringan

Pengertian
Topologi adalah sebuah rancangan dari sebuah LAN (Local Area Network) yang dimana rancangan tersebut akan membentuk sebuah jaringan fisik dan berfungsi untuk mengimplementasikan jaringan tersebut. Topologi ini sangat berperang penting dalam dunia jaringan, karena kita bisa tahu secara fisik pengimplementasian dari suatu LAN.
Misalnya dalam suatu gedung yang memiliki 10 lantai dan disetiap lantai tersebut memiliki beberapa ruangan. Tentu dalam mengimplementasikan LAN pada gedung disetiap lantai tersebut tidak bisa sembarangan, karena jaringan tersebut tidak bisa bekerja secara optimal. Nah, disinilah Topologi Jaringan berperan penting.


Topologi Jaringan Berdasarkan Peranan dan Hubungan 
Dalam topologi jaringan juga mengenal istilah Client dan Server.
Client adalah sebuah aplikasi atau sistem yang mengakses sebuah sistem layanan yang berada di sistem atau komputer lain yang dikenal dengan server melalui jaringan komputer.
Lalu Server itu sendiri adalah sebuah sistem komputer yang menyediakan jenis layanan tertentu dalam sebuah jaringan komputer.
Kedua inti ini sangat berperan penting dalam sebuah topologi jaringan. Biasanya pada topologi jaringan terdapat 1 server dan banyak client. Setiap data akan bermula pada server dan client-client tersebut akan mengambil data di server sesuai kebutuhan.


Contoh Jaringan Client-Server

Selain Client-Server, topologi jaringan juga mengenal ­Peer To Peer. Jaringan Peer To Peer (Ujung ke ujung) adalah suatu sistem jaringan dimana setiap perangkatnya bisa berperan menjadi Client maupun Server, setiap perangkat bisa saling bertukar informasi, data dan berhubungan secara dinamis dalam mengarahkan lalu lintas informasi. Biasanya Peer To Peer ini digunakan oleh sedikit perangkat.
Contoh Jaringan Peer To Peer


Analisis Saya :
Topologi Jaringan adalah peranan penting dalam dunia jaringan, mengapa ? Karena tanpa topologi, sebuah jaringan tidak dapat bekerja secara optimal dan tidak terkordinasi secara baik. Topologi jaringan ini sendiri memungkinkan kita mengatur lalu lintas informasi dan data lebih mudah. Tentu juga meminimalisir kesalahan-kesalahan dari perangkat yang ada.

Dan itu tadi penjelasan sedikit mengenai Topologi Jaringan. Pada postingan berikutnya akan saya bahas macam-macam Topologi Jaringan berdasarkan Fisiknya


Yang ingin menjadikan postingan ini menjadi referensi atau ingin memposting ulang jangan lupa sertakan link ini : https://ilhamhanif13.blogspot.co.id/2016/06/topologi-jaringan.html

Komentar

Postingan Populer