Dynamic Routing

Pengertian
Merupakan Routing yang bekerja secara dinamis dan otomatis oleh suatu  software Routing yang berjalan pada suatu perangkat (umum nya Router). kenapa  dinamis, karena dengan dynamic routing protocol yang berjalan, router akan dapat  menentukan secara otomatis lewat mana suatu paket dengan sebuah tujuan akan  dikirimkan. dan apabila terjadi kegagalan jaringan  pada suatu link, router secara  otomatis akan memindahkan traffic melewati link yang tidak mengalami gangguan (backup link) dan akan secara otomatis menginformasikan ke router-router lain nya  dalam satu domain bahwa telah terjadi perubahan routing dan router yang terkait  perubahan routing tersebut akan otomatis melakukan update routing. 


         Routing tersebut dapat berjalan otomatis dikarenakan router-router yang  menjalankan dynamic routing protocol tersebut saling mempelajari rute dan semua  perangkat yang terkonek langsung (directly connected). Selanjutnya router akan mempelajari route-route yang ada di Router Tetangganya (Neighbor Router) yang dimana menjalanan routing protocol yang sama. singkatnya, informasi yang di kumpulkan dan dipelajari dari router-router tetangganya ini akan membentuk routing-table dimana akan menunjukan rute terbaik “best-route” untuk mencapai suatu network.

  Lalu Dynamic routing protocol ini akan mengirimkan  informasi mengenai ‘best-route” ke router yang menjadi tetangganya, dan router tetangga tersebut akan menginformasikan kembali ke tetangga lainnya sampai semua router dalam domain yang sama saling mengetahui rute-rute untuk mencapai dari suatu network ke network lainnya. Pada Dynamic Routing router-router dalam sebuah domain yang sama dapat beradaptasi bila terjadi perubahan topology, perangkat problem ataupun terjadinya link failure dengan merubah rutedan melakukan routing update secara otomatis. jadi router-router akan merespon secara otomatis untuk merutekan paket dari suatu network ke network yang lainnya dan akan beradaptasi bila terjadi link failure, semua itu dapa tercapai bila kondisi  “tau-sama-tau” telah tercapai pada seluruh router yang ada dalam domain yang sama. kondisi “tau-sama-tau” ini lebih dikenal dengan istilah convergence. 

Contoh dari Dynamic routing protocol : RIP , OSPF, EIGRP, ISIS, BGP

Komentar

Postingan Populer