Bahasa Indonesia yang Baik dan Benar

SOAL :

1. Jelaskan dengan contoh “Penggunaan Bahasa Indonesia yang Baik dan Benar !
2. Berikanlah contoh fungsi bahasa sebagai alat komunikasi !

JAWABAN :

Bahasa Indonesia yang Baik
Bagaimana kita layaknya manusia sosial yang saling membutuhkan dan berinteraksi satu sama lain. Berinteraksi menggunakan berbagai cara komunikasi, salah satunya berbahasa. Sebagai warga negara Indonesia kita memiliki Bahasa Nasional yaitu Bahasa Indonesia. Bahasa Indonesia ini menjadi pedoman kita dalam berbahasa untuk berinteraksi dan berkomunikasi kita sehari-hari. Bahasa Indonesia itu dibagi menjadi yang baik dan yang benar.
Bahasa Indonesia yang Baik adalah sebagaimana kita mengutarakan bahasa itu dengan baik. Dari segi pengucapan maupun nada tidak boleh diucapkan secara kasar. Bahasa yang baik yaitu bagaimana kita berinteraksi dan berkomunikasi kepada sesama dengan penuturan bahasa yang lembut. Tidak boleh berbahasa yang kasar, mengejek dan menghina.

Bahasa Indonesia yang Benar
Berbahasa yang Benar yaitu berdasarkan Ejaan Yang Disempurnakan (EYD). Bukan bahasa pergaulan yang berasal dari pengaruh budaya luar atau bahasa yang tidak ada pada Kamus Besar Bahasa Indonesia.

Jadi, Bahasa Indonesia yang Baik dan Benar adalah berbahasa yang dalam penuturannya baik dan sesuai dengan Kamus Besar Bahasa Indonesia.

Contoh fungsi bahasa dalam alat komunikasi :
1. Berita-berita pada setiap media yang menggunakan bahasa yang baik dan benar.
2. Digunakan oleh penyiar radio ketika siaran
3. Komentator di setiap pertandingan olahraga

Komentar

Postingan Populer