UPAYA PELESTARIAN LINGKUNGAN

Di zaman ini yang kita kenal sebagai 'era globalisasi' dimana ketergantungan manusia akan teknologi yang berkembang pesat & mutakhir tak dapat dipungkiri lagi. Kebutuhan yang makin banyak, persaingan ekonomi yang semakin ketat, pertumbuhan penduduk yang membludak, majunya sistem pendidikan di dunia ini serta hasrat suatu negara yang ingin menjadi 'Super Power' membuat setiap pemikiran manusia ingin menyelesaikan semua itu dengan 'Instant'. Perlu kita ketahui tentunya bahwa di dunia ini tak ada yang instant, semua membutuhkan usaha dan kerja keras. Dan yang pasti usaha dan kerja keras tersebut tentunya membutuhkan bantuan dan salah satunya bantuan tersebut datang dari teknologi yang mutakhir. Tapi taukah kalian bahwa dari setiap keunggulan teknologi yang canggih tersebut pastinya memiliki dampak negatif  ?? Yaa pastinya ada, entah itu dampak negatif untuk si pembuatnya, atau untuk masyarakat sekitarnya, negaranya mungkin, atau 'LINGKUNGAN' sekitarnya. Yang perlu kita garis bawahi adalah kata 'Lingkungan'. Yang terbesit di benak kita tentang lingkungan adalah tempat dimana kita tinggal, menetap atau berpijak. Lalu jika pada akhirnya teknologi tersebut memberikan dampak negatif kepada lingkungan kita, atau bahasa kasarnya merusak lingkungan kita. Pertanyaannya adalah dimana kita akan tinggal setelah kita kehilangan lingkungan kita yang terkena dampak negatif dari teknologi tersebut ?? Sebuah pertanyaan menarik yang tentunya harus kita kupas untuk mengetahui bagaimana caranya kita melestarikan lingkungan kita sendiri. 

Sebelum kita mulai, tentunya kalian pernah mendengar atau melihat kalimat 'Go Green' kan ? Sebuah istilah yang biasa digunakan untuk menggalakkan program pelestarian lingkungan dengan beberapa cara yaitu diantaranya adalah reboisasi daerah-daerah yang gersang, penolakan keras terhadap penebangan hutan liar, membuang sampah pada tempatnya, gunakan energi secukupnya, dan masih banyak lagi tentunya cara untuk 'Go Green'. Sebuah lingkungan yang asri, bersih, sejuk, nyaman dan tentram tentunya menjadi suatu tempat yang didambakan oleh semua orang untuk dijadikan tempat tinggal. Tapi tentunya lingkungan tersebut akan terwujud apabila ada kemauan dari diri kita sendiri yang ingin menjaga pelestarian lingkungan. Berikut beberapa upaya pelestarian lingkungan :
  1. Melakukan program kerja bakti di lingkungan sekitar rumah kita. Kerja Bakti ini bisa kita lakukan secara bergotong-royong. Dengan beberapa kegiatan seperti membersihkan saluran-saluran air, mengubur benda-benda yang menjadi tempatnya bibit-bibit penyakit, penggemburan tanah tanaman, membersihkan sampah-sampah yang berserakkan dan masih banyak lagi.
  2. Melakukan program penyuluhan kepada setiap orang bahwa pelestarian lingkungan itu penting supaya kita bisa hidup dengan bersih dan sehat.
  3. Melakukan reboisasi pada hutan-hutan yang gundul atau pada daerah-daerah yang gersang.
  4. Melakukan penolakka keras terhadap penebangan liar karena sangat merugikan.
  5. Menjaga kelestarian Flora dan Fauna. Contoh upaya pelestarian flora seperti penanaman kembali hutan-hutan yang gundul, menanam tanaman-tanaman kecil di setiap rumah, menjaga kelestarian tanaman-tanaman langka. Lalu contoh upaya pelestarian fauna seperti tidak menggunakan 'ranjau macan' pada saat penangkapan ikan, tidak melakukan perburuan sembarangan tanpa izin pihak yang berwenang, menjaga kelestarian fauna-fauna yang langka, dan lain-lain.
  6. Mematuhi peraturan-peraturan yang berlaku yang tentunya berhubungan dalam pelestarian lingkungan seperti, buanglah sampah pada tempatnya demi menjaga kebersihan tanah, atau jangan membuang sampah di sungai, kali atau saluran air lainnya demi menjaga kebersihan air.
  7. Untuk pabrik, supaya tidak membuang bahan kimianya secara sembarangan supaya tidak merusak ekosistem lingkungan.
  8. Gunakanlah energi secukupnya seperti listrik, air, dan lain-lain.
  9. Dan saling mengingatkan satu sama lain arti penting dari pelestarian lingkungan.
Dan betapa masih banyak lagi yang dapat kita lakukan demi menjaga kelestarian lingkungan ini. Mungkin diantara kalian dapat menggebrakkan suatu terobosan baru untuk menjaga kelestarian lingkungan kita ini. Dan yang peling menentukkan dari semua itu adalah kesadaran dari dalam diri kita masing-masing mengingat betapa pentingnya menjaga kelestarian lingkungan.

Komentar

Postingan Populer