MASALAH-MASALAH SOSIAL DALAM MASYARAKAT

Manusia, dilahirkan dengan kodrat makhluk sosial. Yang mana berarti makhluk hidup yang saling berinteraksi baik dalam hal positif maupun negatif, saling menguntungkan maupun merugikan dan yang pasti adalah saling ketergantungan antar sesama manusia. Hal ini pun tak dapat kita pungkiri lagi, dalam arti kata sangat mustahil apabila seseorang manusia dapat bertahan hidup sendiri tanpa uluran tangan bantuan orang lain. Salah satu contoh, misalnya saat kita sedang melakukan kerja bakti, sudah pasti kita lakukan kerja bakti tersebut bersama-sama. Kita membersihkan lingkungan dengan bergotong-royong. Dan tidak mungkin kerja sama dilakukan dengan perseorangan, karena belum tentu setiap orang dapat melaksanakan tugas kerja baktinya dengan baik. Itu adalah salah satu contoh bahwa manusia itu adalah makhluk sosial dan tentunya masih banyak lagi contoh-contohnya yang menunjukkan bahwa manusia adalah makhluk sosial.

Beberapa tokoh ahli pun mengemukakan bahwa manusia itu kodratnya adalah makhluk sosial, beberapa diantara tokoh ahli tersebut adalah :


  1. Menurut H. Booner dalam bukunya 'Social Psychology memberikan rumusan interaksi sosial bahwa : "Interaksi sosial adalah hubungan  antar dua individu atau lebih, dimana kelakuan individu yang satu mempengaruhi, mengubah, atau memperbaiki kelakuan individu yang lain atau sebaliknya."
  2. Menurut Gillin dan Gillin (1954) yang menyatakan bahwa interaksi sosial adalah hubungan-hubungan antara orang-orang secara individual, antar kelompok orang, dan orang perorangan dengan kelompok.
  3. Maryati dan Suryawati (2003) menyatakan bahwa, "Interaksi sosial adalah kontak atau hubungan timbal balik atau interstimulasi dan respons antar individu, antar kelompok atau antar individu dan kelompok
  4. Murdiyatmoko dan Handayani (2004), "Interaksi sosial adalah hubungan antar manusia yang menghasilkan suatu proses pengaruh mempengaruhi yang menghasilkan hubungan tetap dan pada akhirnya memungkinkan pembentukan struktur sosial."
  5. Siagian (2004) "Interaksi positif hanya mungkin terjadi apabila terdapat suasana saling mempercayai, menghargai, dan saling mendukung."
Dari pendapat para ahli dapat disimpulkan bahwa interaksi sosial adalah suatu hubungan timbal balik antar sesama manusia yang saling mempengaruhi satu sama lain baik itu dalam hubungan antar individu, antar kelompok maupun antar individu dan kelompok dalam kehidupan sosial.

Tentunya dari sekian banyak interaksi sosial yang terjadi baik di kalangan tertentu atau kelompok maupun di masyarakat, pastinya ada dampak positif & dampak negatifnya. Kali ini saya akan membahas tentang masalah-masalah sosial dalam masyarakat yang tentunya berdampak negatif.

Jika kita membahas tentang masalah-masalah sosial dalam masyarakat apa yang tersirat dalam benak kita ? Pastinya tentang perdebatan antar kelompok, keributan masyarakat dan lain-lainnya yang berdampak negatif dalam sosial masyarakat.

Beberapa contoh masalah-masalah sosial dalam masyarakat :
  1. Perdebatan atau perebutan tanah antar kampung. Kita tentu pernah melihat berita-berita yang memuat tentang  perebutan tanah antar kampung yang tentunya memakan korban. Ini sudah sering diperdebatkan bagaimana cara mengatasinya. Dari berbagai macam cara untuk menyelesaikannya salah satunya adalah dengan musyawarah. Akan tetapi dari kedua pihak yang memperebutkan tanah tersebut selalu saja tidak ada yang mau mengalah. Kedua pihak selalu ingin menang & mendapatkan hak atas tanah tersebut. Hal seperti ini akan terus terjadi jika tak ada kesadaran dari diri kita masing-masing
  2. Tawuran antar pelajar atau mahasiswa. Ini sudah hal yang tak asing lagi bagi warga negara Indonesia. Tradisi 'tawuran' ini sudah menjadi predikat para pelajar atau mahasiswa yang tidak bermatabat.
  3. Pandangan atas perbedaan ras & agama. Ini adalah hal yang 'sara', dalam arti kata sangat memalukan jika meributkan hal ini. Saling melecehkan antar ras & agama yang berbeda. Ini sangat dilarang karena tidak sesuai dengan ideologi Pancasila. Tentu kita mengenal istilah 'rasis' yang mana melecehkan ras yang minoritas di daerah tertentu. Ini sangat melanggar HAM dan sangat dilarang. Jika kita sebagai manusia yang bermartabat tinggi, tentunya tidak sepatutnya kita melakukan rasis.

Itu adalah beberapa contoh masalah-masalah sosial dalam masyarakat. Tentu kita pahami hal tersebut sebagai sesuatu yang merugikan banyak orang. Seperti tawuran, merugikan dari segi materi, moral, bahkan bisa menghilangkan nyawa. Kita sebagai warga negara Indonesia harus pahami bersama betapa pentingnya hidup sesuai dengan ideologi Pancasila. Karena dengan cara kita memahami hidup sesuai dengan Ideologi Pancasila, hidup ini akan menjadi harmonis, tentram, nyaman dan berkesinambungan. Tak akan ada masalah sosial yang berdampak negatif yang merugikan satu sama lain. Dan kembali lagi kepada kesadaran diri kita masing-masing

Komentar

Postingan Populer