Mengenal Topologi Jaringan Ring (Cincin)

Pengertian Topologi Jaringan Ring (Cincin)
Salah satu topologi jaringan yang membentuk satu kesatuan lalu lintas informasi dan data. Mirip dengan topologi jaringan bus, hanya saja jika topologi bus memiliki ujung awal dan akhir, topologi Ring ini tidak memiliki ujung. Dengan kata lain antar perangkat saling terhubung dan terus bertukar informasi maupun data tanpa henti. Karena desain jaringannya berputar dan saling terhubung sehingga membentuk sebuah lingkaran atau cincin, maka dari itu disebut Topologi Ring.


Gambar Topologi Jaringan Ring



Bentuk ini merupakan bus jaringan yang ujung-ujungnya dipertemukan kembali sehingga membentuk suatu lingkaran, setiap informasi yang diperoleh diperiksa alamatnya oleh terminal yang dilewati. Jika bukan untuknya, maka informasi akan dilewatkan sampai menemukan alamat yang benar. Pada topologi Ring, salah satu komputer pada jaringan ini berfungsi sebagai penghasil token . Token disini dapat dibayakan sebagai kendaraan yang berfungsi membawa data melalui media fisik. Token akan membawa data melalui jalur transmisi hingga menemukan tujuannya. Sebuah token dapat berada dalam dua jenis keadaan yang berbeda, sedang digunakan, atau sedang bebas. Bila sebuah token berada dalam kondisi sedang digunakan ini berarti token tersebut sedang membawa data. Ini berarti token tersebut sedang digunakan oleh salah satu komputer untuk mengirimkan datanya. Token yang sedang berada dalam keadaan ini akan berkeliling mencari komputer tujuannya. Selama tujuannnya belum ditemukan, token ini akan berada dalam keadaan tersebut. Setelah token menemukan tujuannya, ia kan menyampaikan data yang dibawanya. Kemudian token tersebut akan berada dalam keadaan bebas.Ini berarti token tersebut bisa dibebani dengandata lagi, token tersebut siap untuk membawa data baru. Token yang bebas akan berkeliling lagi untuk menerima tugas untuk membawa data baru. 

Keuntungan topologi jaringan model cincin :
•  Kemungkinan terjadinya bentrokan dalam transfer data ditiadakan.

Kekurangan topologi jaringan model cincin :
•  Harga implementasinya yang lebih mahal.
•  Tingkat kesulitan untuk menjaga jaringan bertopologi Ring juga lebih susah.
•  Kurang begitu banyak diimplementasikan karena membutuhkan peralatan yang khusus.

Analisis Saya :
Topologi jaringan ini saling terhubung antar ujungnya, dan hanya memiliki 1 arus lalu lintas yang memungkinkan transfer data tidak akan terjadi bentrokan antar perangkat. Akan tetapi harga implementasi yang begitu mahal serta sulitnya dalam menjaga keawetan topologi jaringannya ini membuat topologi jaringan ini kurang begitu banyak di implementasikan.



Komentar

Postingan Populer