Analisa ‘Gaming Mouse´ Dari Segi Kesehatan

Pendahuluan

Dalam kehidupan manusia yang berdampingan dengan kemajuan teknologi tak luput dari berbagai kebutuhan di bidang Teknologi. Berbagai macam perangkat teknologi terus dikembangkan, mulai dari teknologi tingkat rendah, menengah maupun tinggi. Ada yang bisa didapat dengan biaya murah, ada juga yang sangat mahal sekali. Tapi biaya yang sedemikian mahal itu tentunya memiliki kualitas yang sangat mumpuni. Dari segi biaya operasional pembuatan perangkat teknologi itupun beragam. Tentunya setiap orang menginginkan kualitas yang baik dari setiap perangkat teknologi yang mereka inginkan.

Bahkan, hampir di setiap bidang pekerjaan memerlukan perangkat teknologi sebagai kebutuhan tambahan untuk mempermudah pekerjaan manusia. Misalnya saja seorang dokter persalinan yang membutuhkan perangkat teknologi seperti alat USG untuk mengetahui perkembangan janin didalam perut seorang ibu. Contoh lain seperti setiap perusahaan, bank atau kantor-kantor yang pastinya memiliki perangkat teknologi Komputer. Komputer menjadi perangkat teknologi yang sangat penting dan bisa dibilang sesuatu yang ‘wajib’ dimiliki untuk mempermudah pekerjaan, seperti untuk menyimpan data-data keuangan pada bank, atau menyimpan data gaji para karyawan pada setiap perusahaan. 

Komputer ini pun juga banyak digunakan di bidang Pendidikan. Hampir disetiap sektor pendidikan terdapat kurikulum yang pengajarannya menggunakan komputer. Bagaimana para murid di tiap sekolah sangat mahir mengoperasikan komputer tersebut. Komputer ini sendiri memiliki perangkat-perangkat tambahan atau ‘Eksternal’ yang memiliki fungsinya masing-masing. Berikut ini akan saya jelaskan secara singkat 2 perangkat tambahan yang paling sering digunakan oleh para pengguna komputer. Diantaranya sebagai berikut :

1. Keyboard
Berfungsi sebagai alat pengolah data inputan. Tanpa keyboard, komputer tidak akan bisa bekerja secara maksimal. Karena hampir 85% kinerja komputer sangat bergantung pada keyboard. Seperti ketika kita ingin melakukan olah kata menggunakan salah satu software Microfost Word, tentunya keyboard sangat berperan penting sebagai alat bantu dalam pengolahan input tersebut. Tanpa keyboard kita tidak dapat melakukan kinerja olah kata dengan baik. Di keyboard ini sendiri terdapat banyak ‘shortkey’ yang mempermudah pekerjaan manusia dalam mengoperasikan komputer. Dan juga tombol-tombol yang memiliki fungsinya masing-masing.

2. Mouse
Perangkat tambahan yang satu ini merupakan perangkat yang sudah lazim digunakan oleh para pengguna komputer. Mouse berfungsi sebagai pengarah atau kontrol pointer pada layar kerja setiap komputer. Seperti halnya Laptop yang sudah memiliki ‘trackpad’ sebagai kontrol pointer tapi kebanyakan orang masih tetap menggunakan mouse. Karena mouse ini sendiri dinilai mudah dalam menggunakannya.

Nah, sudah saya jelaskan secara singkat 2 perangkat tambahan pada komputer yang sering digunakan oleh hampir setiap pengguna komputer. Sekarang saya ingin menjelaskan hal-hal tentang ‘Gaming Mouse’ berdasarkan analisa saya dan juga beberapa artikel yang saya baca.


Apa itu ‘Gaming Mouse’ ?

‘Gaming Mouse’ atau biasa dikenal dengan mouse game, adalah mouse yang diciptakan dan diperuntukkan kepada setiap gamer. Karena di mouse game itu sendiri memiliki tombol-tombol tambahan yang bisa mempermudah mereka dalam bermain game. Bentuknya yang unik dan keren membuat siapapun yang bukan gamer pun ingin memilikinya. Bahkan tak heran ada juga orang yang mengoleksi mouse game ini. Berbagai variasi design yang membuat kita takjub dan merasa ‘keren’ ketika menggunakannya. Nah, dari bentuknya yang unik tahukah kalian, bahwa ada maksud dan tujuan dari pembuatannya yang berbentuk unik ini ?

Alasannya adalah Kesehatan dan Kenyamanan. Jika pada penggunaan mouse biasa kita sering merasa sakit dibagian pergelangan tangan dimulai dari ibu jari menuju lengan atas, itu sudah dipastikan efek kelelahan dari penggunaan mouse biasa yang disebut dengan ‘Carpal Tunnel Syndrome’. Tulang pergelangan tangan adalah kata yang berasal dari kata Yunani yaitu “karpos” yang berarti “pergelangan tangan”. pergelangan tangan ini dikelilingi oleh sekelompok jaringan ikat yang biasanya berfungsi sebagai dukungan untuk sendi.
Ruang ketat antara band fibrosa dan tulang pergelangan disebut terowongan karpal. N. medianus melewati terowongan karpal untuk menerima sensasi dari jempol, indeks, dan jari tengah tangan. Setiap kondisi yang menyebabkan pembengkakan atau perubahan posisi pada jaringan di dalam terowongan carpal dapat menekan dan mengiritasi saraf median. Iritasi pada saraf median dengan cara ini menyebabkan kesemutan dan mati rasa di jempol, indeks, dan jari tengah, inilah yang disebut ‘Carpal Tunnel Syndrome’.

Dari penggunaan mouse biasa, terkadang membuat tangan merasa tak nyaman. Akibatnya timbullah efek CTS pada pergelangan tangan kita. Maka dar i itu mouse game dibuat bukan hanya untuk para gamer, tapi juga berfungsi menjaga kenyamanan dalam menggunakan mouse dan meminimalisir terjangkitnya CTS pada tangan kita. 

Berdasarkan designnya, sebagian besar mouse game apabila dilihat pada bagian sisi kiri mouse sebagai penopang ibu jari, didesign sedikit terangkat supaya ibu jari tidak akan merasa lelah karena harus menahan bagian kiri mouse. Dari segi lebar dan panjang, sebagian besar mouse game didesig agar dapat menopang seluruh telapak tangan. Maka dari itu mouse game rata-rata berbentuk lebar, supaya dapat menopang telapak tangan dengan nyaman.

Nah, itulah ‘Gaming Mouse’ berdasarkan analisa saya dan dari beberapa artikel yang saya baca. Semoga bermanfaat dan mungkin berminat untuk membeli mouse game atau mengoleksinya :P

Terima Kasih.

Referensi :

Komentar

Postingan Populer